Perilaku Pasar Konsumen


Perilaku Pasar Konsumen

Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan, penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk.
            Profil dan perilaku pasar tidaklah selamanya konstan, selalu akan mengalami perubahan. Perilaku pasar kemarin akan berbeda dengan perilaku pasar sekarang. Dan akan berbeda dengan perilaku dimasa mendatang. Dalam memahami profil dan perilaku pasar akan di jelaskan melalui tiga informasi. Dan saya akan mengambil contoh dari perilaku saya sebagai pasar.
1. Informasi Statistik :
            Informasi statistic digunakan untuk membantu menjawab siapa, apa, berapa, kapan dan dimana pembelian dilakukan. Dari itu saya dapat menjawab dengan produk sabun mandi cair (biore). Yang menjadi pembelinya yaitu saya untuk saya dan kakak saya. Harga yang ditawarkan bermacam-macam kalau yang ukuran kecil (250ml) Rp. 9000 dan untuk ukuran yang besar (450ml) Rp. 16500. Biasanya saya membeli yang ukurannya besar. Saya membeli produk tersebut di supermarket seperti alfa mart,,giant, carefull,hypermart,super indo. Sabun ini dapat di beli sebulan sekali.
2. Informasi Psikolojik :
            Informasi psikolojik digunakan untuk menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Karena meliputi peranan motivasi, persepsi pemahaman, sikap, kepercayaan yang mendasari seseorang untuk mengambil sebuah keputusan membeli atau tidak membeli. Saya membeli produk ini karena ada khasiatnya. Bisa dibilang sabun cair ini sudah menjadi kepercayaan bagi saya untuk merawat kulit saya yang kegunaannya bisa memperhalus kulit dan membuat kulit tidak kusam. Dan aroma wanginya juga sangat enak dengan keunikan formula yang diperkaya “yogurt extract” dapat merasakan kelembutan kulit yang segar

3. Informasi Dinamika :
            Informasi dinamik dgunakan untuk menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi. Proses pembelian merupakan proses individu utuk mengatasi persoalan yang dihadapi konsumen dalam usaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Saya membeli produk sabun cair ini karena sangat dibutuhkan untuk saya dan kakak saya. Sabun cair ini saya beli  ketika sabun ini masih ada sedikit dibotol. Saya membeli produk ini setiap sebulan sekali dan ini sudah menjadi rutinitas bagi saya. Seiring berjalannnya waktu pasti adanya perubahan terhadap perilaku pasar dimasa sekarang maupun yang dimasa yang akan datang. Mungkin nanti dimasa yang akan datang akan ada produk sabun cair lagi yang lebih pempunyai banyak khasiatnya. Atau mungkin produk sabun cair ini akan menjadi lebih bagus dikalangan masyarakat.
            Jadi intinya perilaku pasar tidak tetap selalu berubah- ubah dari masa sekarang ke masa yang akan datang.


0 komentar:

Posting Komentar