Laptop Menyebabkan Mandul


Labtop Menyebabkan Mandul          
           
Gatranews - Anda termasuk pria yang sering bekerja denganvmenaruh laptop diatas dua paha? Kalau ya, hati-hatilah. Sebab panas yang dikeluarkan laptop bisa memanggang organ vital yang terdapat di selangkangan, antara lain testis. Kualitas sperma yang diproduksi testis akan terganggu. Pada gilirannya, Anda terancam mengalami kemandulan. “Sepuluh sampai 15 menit laptop di paha cukup membuat suhu testis berada di atas normal,’ ujar Dokter Yefim Sheynkin, urolog pada State University of New York, Stony Brook, Amerika Serikat.
Ia menyatakan demikian lantaran telah melakukan riset terhadap 29 pria muda. Mereka diminta menaruh laptop di paha. Lalu Sheynkin meneliti suhu di sekitar paha mereka. Ternyata temperatusnya 2,5 derajat Celsius di atas suhu bagian tubuh lain. Menurut dia, kenaikan suhu itu sudah cukup untuk merusak sperma. Maka, ia menyarankan agar di bawah laptop diberikan alas sebelum laptop itu diletakkan di atas paha. Cara ini cukup untuk mendinginkan testis.
Ini masalah penting. Sebab, menurut laporan American Urologocal Associatoin, separo masalah kemandulan terjadi pada pria. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan buruk itu.

0 komentar:

Posting Komentar