PERANAN KOPERASI
Peranan Koperasi dalam
berbagai keadaan persaingan
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
- Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
- Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive
market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik
competition), dan Oligopoli
Koperasi Dalam Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
-
Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
-
Produk yang dijual perusahaan adalah
sejenis (homogen)
-
Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
-
Para pembeli dan penjual memiliki informasi
yang sempurna
Ciri-cirinya
:
ü Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
ü Produk
yang dihasilkan tidak homogen
ü Ada
produk substitusinya
ü Keluar
atau masuk ke industri relatif mudah
ü Harga
produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya
Koperasi dalam Pasar Monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.
Ciri-ciri Pasar Monopsoni:
Ø Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli
Ciri-ciri Pasar Monopsoni:
Ø Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli
Koperasi dalam Pasar
Oligopoli
{ Oligopoli
adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang
menguasai pasar
{ Dua
strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga
dan nonharga
Sumber :
ahim.staff.gunadarma.ac.id/.../EKOP-+Bab+11.+PERANAN+KOPER...
0 komentar:
Posting Komentar